Total Tayangan Halaman

Sabtu, 25 Agustus 2012

Tradisi Bugis-Makassar Mencari Kesaktian

Dalam tradisi Sulawesi Selatan (khususnya Bugis – Makassar) banyak cara untuk mendapatkan kesaktian atau kedigdayaan, antara lain :

1. Dengan Memakai Benda Mustika (istilah di Sulsel : KULAU) contohnya :
    a. Kulau Bassi (badar besi – untuk kekebalan)
    b. Munta Bassi (badar besi kw-II)
    c. Gigi Guntur (batu petir – untuk kekebalan)
    d. Bulu Karisa (bamboo buta – untuk kekebalan/wibawa/asihan)
    e. Tanduk Kucing putih/hitam (lolos dari sergapan musuh walau sebesar lubang
        jarum)
     f. Kulau Air (pengobatan luka – kebal)
     g. Kulau Kaluku (mustika kelapa – untuk usaha)
     h. Tanduk Rusa dengan bilangan ganjil (keselamatan)
      i. Badik Minawang (badik terapung – untuk kekebalan & wibawa)
      j. Rantai Babi (kekebalan)
      k. Besi Kuning (kekebalan)


         
Kulau Bassi
Rantai Babi

Tanduk Kucing










2. Jimat, misalnya Naga Sikoi (untuk wibawa – pengasihan)

3. Dengan Do’a atau bacaan

4. Pagau’kang (sara’) dengan menyentuh beberapa anggota tubuh baik dengan bacaan ataupun tanpa bacaan maka orang tersebut telah memiliki kekebalan / wibawa / asihan. Dan menurut orang tua dulu (bugis makassar) pagaukan adalah ilmu tingkat tinggi yang pilih tanding (merah delima, rantai babi, besi kuning dll semua ada dalam diri manusia dan jika kita sentuh maka disertai niat maka kekuatannyakan muncul)

5. Mencari guru atau orang tua yang mau memberikan ilmunya kepada orang lain memang sangat sulit di daerah Sulsel, karena pada umumnya mereka kuatir jika ilmu yang diberikan disalah gunakan akan menjadi beban moril, jadi pada umumnya transfer ilmu di kalangan orang sulsel terjadi karena geraka hati guru secara spontan dan tanpa MAHAR.

Saya memberitahukan perkara ini bukan dengan maksud agar anda mencari, mengamalkan atau menggunakan jimat ini, namun sekedar berbagi ilmu mengenai tradisi khusus bugis-makassar dalam mencari kesaktian untuk kemudian dijauhi dan didakwahkan kepada saudara kita yang lain agar tidak terjerumus dalam dosa ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya jampi-jampi, jimat-jimat, dan guna-guna adalah syirik” (HR. Abu Dawud, shahih). Dalam hadits ini secara tegas Rasul  menyebut jimat dengan kemusyrikan. Dalam hadits lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menggantungkan jimat maka sungguh dia telah berbuat  kemusyrikan” (HR. Ahmad, shahih).

Dalil dari Al-Qur’an adalah firman Allah Ta’ala (yang artinya): “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?”, niscaya mereka menjawab: “Allah.” Katakanlah: “Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmatNya?. Katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku.” Kepada- Nyalah bertawakkal orang-orang yang berserah diri.” (QS. Az-Zumar : 38).

Menjadi keyakinan seorang muslim bahwasanya tidak ada yang bisa mendatangkan atau mencegah kemudharatan melainkan Allah SWT. 
"Jika Allah menimpakan suatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu"(Q.S al-An’aam:17)

"Atau patutkah mereka mengambil pelindung-pelindung selain Allah? Maka Allah, Dialah pelindung (yang sebenarnya) dan Dia menghidupkan orang- orang yang mati, dan Dia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Asy Syuura:9)"

Sesungguhnya mengambil pelindung selain Allah sungguh suatu kesalahan besar
"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui."(QS.Al 'Ankabuut:41)


Untuk saudara-saudaraku bugis-makassar yang menjunjung tinggi rasa SIRI' (malu) mari meninggalkan kebudayaan atau tradisi kita yang mengandung unsur kesyirikan karena tiada rasa Siri' (malu ) yang lebih tinggi melainkan malu kepada Allah Azza Wa Jalla karena mengambil pelindung selain perlindunganNya

Jika ada diantara kalian yang memiliki dan menyimpan atau bahkan menggunakan benda-benda di atas seperti kulau bassi maka segera dihancurkan karena Allah SWT dengan cara ruqyah agar tidak ada lagi yang bisa memilikinya dan generasi kita kedepan terhindar dari dosa-dosa tersebut

Wallahu a'lam




15 komentar:

  1. penjelasan diatas betul,,tapi kita dianjurkan berdoa dan berusaha!semua atas ijin allah!walaupun kita membawa jimat mustika atau kulau,semua itu tidak akan berfungsi tanpa ijin allah!jika allah mengijinkan semua benda itu akan berfungsi dengan sendirinya!menggunakan jimat atau kulau atau mustika dan benda pusaka lain nya adalah termasuk usaha atau bukan?trus apakah siyrik jika kita percaya allah yg menciptakan benda gaip yang mempunyai kekuatan luar biasa?dan apakah dosa membawa benda gaip yang allah ciptakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [2146] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI? bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya?menang NOMOR 756 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam pasang NOMOR

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi NOMOR


      4"Anda udah kem-m tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      Solusi yang tepat jangan anda putus asah...AKI akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
      butuh NOMOR 2D ,4D, 6D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub:KI JAYA DI NO: [[[085-321-606-847]]]

      PESUGIHAN DANA GAIB

      PESUGIHAN UANG BALIK
      DAN PESUGIHAN TUYUL

      Hapus
  2. Tidak ada Jimat dalam islam mas bro
    tinggalkan jimat!!!

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..
    Bagaimana pengertiannya?
    Semua jimat yang ada di bumi ini, Allah yang ciptakan. Bagaimana jika jimat atau kulau itu bisa membantu orang lain? Maksudnya batu itu adalah perantara Allah SWT untuk menyembuhkan penyakit?
    Penjelasannya! Terimakasih:)

    BalasHapus
  4. Dengan allah tiada perantaraan...

    BalasHapus
  5. Setau saya.segala yg dinamakan jimat atau barang bertua itu cuma perantara yg megabulkan segalanya Allah maha besar.

    BalasHapus
  6. menurut pandangan saya, tidak ada yang dinamakan musrik :)

    BalasHapus
  7. Kabah juga batu bagaimana?

    BalasHapus
  8. Bagaimna dengan seorang ahli agama yg mampu mengobati orang sakit dengan menggunakan air yg didoakan kemudian sembuh apakah itu bukan perantara atau media?jdi mnurut sy itu bisa kita gunakan selma kita yakini hanya sebagai media perantara dan sumbernya adalah dri Allah swt

    BalasHapus
  9. Nabi kits jg membuat koim yasin until pegangan perang, nabi saja boleh, kenapa and a mengatakan ITU musyrik, ??? Jika kita mengandalkan ITU saja lalu melupakan Allah baru sirik, segala sesuatu ITU Ada kelebihannya meski cuma sebutir pasir atau debu, Ada tujuannya duciptakan Allah.

    BalasHapus
  10. Sya punya nih kulau besi pemberian org..katanya sih buat jaga diri..bentuknya seperti bola kecil dengn permukaan yg tdk terlalu rata...tp sy tdk memakai itu untuk hal2 yg merugikan org..sy cuman naruh d dompet sj..apakah itu musrik?

    BalasHapus
  11. Nabi sulaiman dulu pakai apa..trus
    Nabi musa belah lautan pakai apa..itu semua perisai..Allah swt..jadi apa salahnya kalau kita juga pakai perisai untuk perlindungan diri..itukan semua dari Allah..dia menciptakan segalanya jadi manusia badohlah yang tidak memanfaatkannya..nanti klo hujan gak usah pakai payung..ntar loh musrik karna memakai payung untuk berlindung diri..

    BalasHapus
  12. sy punya barang Antik peninggalan ortu dan sy gunakan untuk mengobati segala mcm penyakit(kanker usus,tbc,Narkoba dll).Alhamdulillah 95% orng yg di obati sembuh dgn izin Allah SWT.dan setiap sy adakan pengobatan sy sllu berdoa semoga Allah menyembuhkan mereka yg skt.

    BalasHapus
  13. sy punya barang Antik peninggalan ortu dan sy gunakan untuk mengobati segala mcm penyakit(kanker usus,tbc,Narkoba dll).Alhamdulillah 95% orng yg di obati sembuh dgn izin Allah SWT.dan setiap sy adakan pengobatan sy sllu berdoa semoga Allah menyembuhkan mereka yg skt.

    BalasHapus

Please Leave Your Comment